MAGISTER MANAJEMEN

KURIKULUM MAGISTER MANAJEMEN

Kurikulum Program Studi Manajemen (S2) Universitas Bandar Lampung dirancang dengan beban kredit sebanyak 42 sks (Tabel 3).Mata kuliah yang diberikan terbagi dalam dua rancangan, yaitu perkuliahan dan diakhiri dengan penulisan tugas akhir.Penyampaian mata kuliah dalam perkuliahan dilaksanakan melalui pembelajaran di kelas dan praktikum. Praktikum itu sendiri dilaksanakan dilaboratorium maupun dilapanganm kerja secara langsung.

Kurikulum Program Studi Manajemen (S2)Universitas Bandar Lampung
SMT KODE MK NAMA MATA KULIAH SKS
 Matrikulasi
 Mata Kuliah Pokok
I MMU700  Kewirausahaan 3
I MMU701  Manajemen Sistem Informasi 3
I MMU702  Manajemen Pemasaran 3
I MMU703  Manajemen Sumber Daya Manusia 3
II MMU704  Teori dan Perilaku Organisasi 3
II MMU705  Manajemen Akuntansi dan Keuangan 3
II MMU706  Manajemen Kinerja 3
II MMU707  Manajemen Operasional 3
III MMU708  Metode Penelitian dan Publikasi Ilmiah 3
III MMU709  Manajemen Strategis 3
MATA KULIAH KEAHLIAN (KONSENTRASI)
III/IV MMK xxx  MK Pilihan 3
III/IV MMK xxx  MK Pilihan 3
 Tugas Akhir
IV MMT800  Tesis (kolokium, seminar, ujian) 6
TOTAL SKS 42
MATA KULIAH KEAHLIAN (KONSENTRASI)
SMT KODE MK NAMA MATA KULIAH (PILIHAN) BOBOT SKS
Konsentrasi Manajemen SDM

III/IV

MMK801  Kepemimpinan 3
III/IV MMK802  Manajemen Layanan Publik 3
Konsentrasi Manajemen Pemasaran
III/IV MMK803  Pemasaran Internasional 3
III/IV MMK804  Pemasaran Strategik 3
Konsentrasi Manajemen Akuntansi
III/IV MMK805  Manajemen Perpajakan 3
III/IV MMK806  Manajemen Audit 3
Konsentrasi Manajemen Sistem Informasi
III/IV MMK807  Sistem Informasi Strategis 3
III/IV MMK808  Analisa dan Perancangan Sistem 3
Konsentrasi Manajemen Kesehatan

III/IV

MMK809  Manajemen Layanan Kesehatan 3
III/IV MMK810  Epidemiologi 3
Konsentrasi Manajemen Keperawatan
III/IV MMK811  Manajemen Pelayanan Keperawatan 3
III/IV MMK812  Sistem Informasi Keperawatan 3
Konsentrasi Manajemen Pendidikan
III/IV MMK813  Manajemen Keuangan Pendidikan 3
III/IV MMK814  Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pendidikan 3
Total sks 6

Silabi mata kuliah dalam kurikulum Program Studi Manajemen (S2) Universitas Bandar Lampung adalah sebagai berikut:

MMU700 Kewirausahaan. Matakuliah ini memberikan pemahaman tentang kreatifitas, inovasi dan kewirausahaan, pentingnya inovasi, inovasi sosial dankewirausahaansosial, sumber-sumber peluang untuk melakukan inovasi, sumber-sumber inovasi, Mencari Strategi untuk Inovasi,Dimensi dan Spektrum Inovasi, Innovation Life Cycle, mengembangkan rencana bisnis, inovasi peramalan, menilai risiko danketidakpastian serta penggunaan sumberdaya, mengidentifikasi usaha baru, dalam konteks Kewirausahaan, proses dan tahapanuntuk membuat usaha baru, menilai peluang, pengembangan rencana bisnis, alokasi sumber daya dan pendanaan, Model Bisnis,Penggunaan Model Bisnis, Apa yang ada dalam Model Bisnis, Inovasi Model Bisnis Model Bisnis Generik dan Spesifik, membangun Model Bisnis

MMU701 Manajemen Sistem Informasi. Mata kuliah ini mengajarkan kepada mahasiswa mengenai sistem informasi organisasi dan individu, teknologi sistem informasi,komponen sistem informasi manajemen,aplikasi SIM pada bidang bisnis: produksi, pemasaran, keuangan, sumber daya, decision support system, computing and future trends in information technologi. Komputer sebagai alat manipulasi simbol, representasi data, pemrosesan data, pemecahan masalah, penyajian informasi, pembuat alternatif keputusan, komputer sebagai sumber informasi (information retrieval).

MMU702 Manajemen Pemasaran. Mata kuliah ini mengajarkan berbagai hal tentang pengelolaan pemasaran meliputi perencanaan,pelaksanaandan pengendalian penciptaan produk (barang dan jasa), penetapan harga, pendistribusian dan promosi.Teori, konsep dan keterampilan dalam manajemen pemasaran perlu dikuasai oleh mahasiswa secara berimbang jika seorang wirausaha maupun pengelola organisasi ingin berhasil secara optimal. Setelah mengikuti mata kuliah inimahasiswa diharapkan mampu melakukan analisis, perencanaan, pengoperasian, pengendalian dan evaluasi pemasaran secarasistematik

MMU703 Manajemen Sumber Daya Manusia. Mata kuliah ini dilaksanakan untuk memperkenalkan bidang manajemen sumber daya manusia.Mahasiswa mempelajari teori dan aplikasi-aplikasi untuk mengelola manusia secara efektif dalam organisasi.Selain itu, mata kuliah ini membahas topik-topik terkini dari manajemen sumber daya manusia, seperti teknologi, globalisasi, legislasi, restrukturisasi, perubahan pasar tenaga kerja, dan lain-lain. Penekanannya berada pada pengembangan keterampilan untuk memecahkan masalah dan berpikir secarakritis,dengan tujuan agar keterampilan dan konsep-konsep dasar manajemen sumber daya manusia yang dikembangkan dalam matakuliah ini dapat diaplikasikan pada semua tipe organisasi dan pekerjaan di mana mahasiswa akan bekerja.

MMU704 Teori dan Perilaku Organisasi. Mata kuliah ini membahas paradigma organisasi dalam konteks transformasi dan koordinasiinputmenjadioutput.Tingkatan dan cakupan tahapan ini meliputi analisis perspektif makro, elemen-elemen internal-eksternal organisasi dan pengaruhnya pada pertumbuhan organisasi, birokrasi, pertumbuhan dan pengukuran efektifitas organisasi serta masalah-masalah kepemimpinan dan peritaku organisasi serta transaction cost analysis sebagai suatu perspektif makro. Selain itu, mata kuliah ini juga membahas bagaimana individu berperilaku dalam organisasi.Mata kuliah ini mempelajari bagaimana individu berinteraksi dalam tempat kerja, dan bagaimana kelompok dan struktur organisasi mempengaruhi perilaku individu. Mata kuliah ini diorganisasi dengan tiga fokus dan level analisis, yaitu individu, kelompok, dan organisasi.

MMU705. Manajemen Akuntansi dan Keuangan. Mata kuliah ini berisikan konsep dasar manajemen keuangan seperti laporan keuangan, cash flows, time value of money, risk and return, valuation process, investasi modal kerja dan aktiva tetap, berbagai jenis sumber pembiayaan, pembagian dividen, sehingga dengan demikian mahasiswa dapat memahami bahwa kinerja perusahaan dipengaruhi oleh keputusan-keputusan yang telah dibuat serta implementasinya. Kinerja serta posisi keuangan perusahaan akan tercermin dalam laporan keuangan perusahaan. Selain itu dipahami pula adanya hubungan ataupun pengaruh antara harga saham dengan berbagai keputusan yang dibuat manajemen perusahaan serta kinerjaperusahaan.

MMU706. Manajemen Kinerja Manajemen Kinerja mendasari mata kuliah manajemen sumber daya manusia. Secara komprehenship konsep manajemen kinerja dan pentingnya kinerja bagi sebuah organisasi. Mata kuliah manajemen kinerja bertujuan untuk memberikan pemahaman pengetahuan tentang peningkatan kinerja  organisasi melalui aspek-aspek sumber daya manusia. Dengan demikian pengetahuan tentang kinerja diharapkan dapat memberikan acuan bagi upaya pengelolaan sumber daya manusia dalam suatu organisasi.

MMU707. Manajemen Operasional. Mata kuliah ini mencakup studi mengenai konsep-konsep yang berhubungan dengan fungsi operasi organisasi, baik manufaktur maupun jasa. Proses operasi bertanggung- jawab atas perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian agar memproduksi barang dan jasa secara efektif dan efisien sehingga dapat mencapai tujuan organisasi. Metode-metode analisis kuantitatif digunakan untuk mendukung pembuatan keputusan dalam berbagai aktivitas manajemen operasi.

MMU708. Metode Penelitian dan Publikasi Ilmiah. Mata kuliah ini membahas tentang  proses dan kriteria penelitian ilmiah. Menjelaskan perumusan masalah penelitian, variabel yang akan digunakan dalam penelitian, Menjelaskan desain dan metode riset. Menjelaskan data atau sampel apa yang akan digunakan dalam setiap penelitian, Memahami dan menjelaskan menentukansumber data yang akan digunakan dalam pengumpulan data, menjelaskan dasar-dasar pengukuran, menjelaskan teknik analisis data yang tepat untuk setiap kasus risetmenjelaskan teknik menganalisis data dengan metode kuantitatif maupun kualitatif.Menjelaskancara membuat laporan riset yang sistematis dan publikasi ilmiah.

MMU709. Manajemen Strategis. Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan kesadaran dan pengertian kepada para mahasiswa tentang makna strategi perusahaan di dalam dunia bisnis kontemporer. Disini para mahasiswa diajak untuk memahami mengapa berpikir ke masa depan itu penting bagi suatu entitas bisnis, mengapa berstrategi dengan baik menjadi isu yang makin penting di dalam manajemen perusahaan, sertaparadigma dalam berstrategi yang seperti apa yang diperlukan di masa depan dan dalam konteks industri yang digelutinya.

MMK801. Kepemimpinan. Mata kuliah ini akan membahas peranan kepemimpinan dalam mewujudkan kesuksesan organisasi. Setelah mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mengetahui bagaimana perbedaan antara pemimpin dan manajer, disamping untuk memahami bagaimana pemimpin menetapkan kebijakan organisasi dan mengembangkan keterkaitan antara organisasi dan pengikutnya. Selanjutnya, mahasiswa juga diharapkan dapat memahami bagaimana membangun hubungan dengan pemangku kepentingan yang ada dan membuat perubahan dalam organisasi.

MMK802. Manajemen Layanan Publik. Mata kuliah ini membahas tentang dasar-dasar mekanisme pasar sebagai mekanisme koordinasi. Pembahasan akan mencakup pula perbuatan keputusan manajerial, teknik-teknik analisis manajemen, perilaku konsumen, elastisitas, persaingan sempurna, risk and pay off, dan perusahaan dalam sektor publik di samping itu akan dibahas pula teori penawaran dan permintaan, teori produksi dan teori biaya.

MMK803. Pemasaran Internasional. Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memiliki penguasaan profesional dalam pengelolaan proses pemasaran internasional untuk menciptakan keunggulan daya saing berkelanjutan dan kepiawaian dalam pembuatan keputusan pemasaran dalam konteks global melalui penguasaan konsep dan perangkat analisis. Cakupan dari mata kuliah ini adalah kerangka konsepsional pemasaran internasional, sistem informasi dan riset pemasaran internasional, analisis lingkungan eksternal dan internal perusahaan serta pemilihan pasar internasional dan penentuantujuan perusahaan.

MMK804. Pemasaran Strategis. Matakuliah ini bertujuan agar mahasiswa memiliki kemampuan analisis kegiatan pemasaran secara holistik dan integratif baik pada tingkat strategi, manajerial maupun operasional, dan memiliki kepiawaian pembuatan keputusan baik sebagai pemasaran strategi (perumus) maupun sebagai pemasaran operasional (pelaksana). Cakupan mata kuliah ini meliputi proses manajemen pemasaran; peranan strategi bidang pemasaran;dimensi pemasaran strategi;analisis situasi pemasaran dan analisis strategi kemampuan internal perusahaan; penentuan tujuan pemasaran;segmentasi pasarsasaran; penempatan posisi dan pengukuran pasar, teknik analisis bersaing; perumusan strategi generik dan program pemasaran; implementasi. Evaluasi dan pemantauan keberhasilan pemasaranstrategi.

MMT800. Tesis. Tujuan tesis adalah melatih kemandirian mahasiswa dalam memecahkan berbagai persoalan bidang bisnis dan manajemen yang dihadapi dalam berkehidupan bermasyarakat secara ilmiah. Dalam tesis ini, mahasiswa akan menggunakan matakuliah yang relevan dengan topik yang dijadikan fokus utama dan merupakan bentuk dari aktualisasi kemampuan intelektual dan kemandirian mahasiswa dan aplikasi pengetahuan yang relevan. Materi yang tercakup adalah poses pembuatan rancangan penelitian, kolokium usulan penelitian, pelaksanaan penelitian, penulisan laporan, dan seminar.